RSS
Aside
16 Mar

Mengspirasi  dan membuka pikiran, hati, serta makna dari kebahagiaan.  Just be heppy…..!!!!!

Hepi itu penting! Hepi itu sebuah pilihan! YA…, memilih jadi orang yang terbebas dari penderitaan . So.., menurut kamu apa yang jadi sumber kebahagiaan?…, Uang?…, Materi?…., Status sosial?…,Kesuksesan atau ketenarankah?….,
Ternyata, itu hanya hepi sesaat.  Lalu, apa yang jadi hepi sejati?.., mari kita cari sumber-sumber heppi…., Mulai hepi sama temen, alam, hingga spiritual!.., pokoknya. Bikin kamu bisa ngejaga hepimu tetep abadi…….., ha…, ha…, ha….,

Jalan pertama  yang akan kita lalui bersama agar kita menjadi bahagia adalah jalan memilih…, karena bahagia itu merupakan pilihan sebagaimana derita juga pilihan….,
hidup kita di penuhi oleh banyak sekali kesulitan dan peristiwa-peristiwa yang tentunya nggak kita harapkan. Dari mulai gangguan adikmu saat kamu lagi ngerjain PR, temen deket yang ngumumin rahasiamu di sekolah, kakak yang doyannya ngomel, gurumu yang galak dan suka memberi tugas yang gak kepalang banyaknya, idola yang kalah dalam poling SMS, Tim sepak bola kesayanganmu kalah dalam adu pinalti, kehilangan benda kesayangan, nilai jeblok, Putus cinta, dimarahi ortu, teman sekelas menghinamu, jalan macet hingga kamu gak boleh ikut ujian karena terlambat,nggak di terima kerja,kehilangan anggota keluarga,dan masih banyak lagi lainya….,
jelasnya kejadian-kejadian itu hamper menimpa kita setiap hari, setiap minggu atau lebih dari itu, kesulitan atau penderitaan. Apakah musibah dan kesulitan sama dengan derita ?…, apakah setiap musibah  merupakan penyebab derita?.., pada sebagian orang musibah gak berbeda dengan derita. Artinya, setiap dating musibah, ia akan menderita. Tapi bagi sebagian yang lainya, musibah gak selalu harus melahirkan derita.
Nabi ayub adalah contoh nabi yang gak menjadikan musibah sebagai penyebab penderitaanya. Ia banyak menerima musibah. Tapi gak satupun musibah itu yang membuat hatinya menderita.
Nabi ayub yang pada awalnya hidup kaya raya, diuji allah dengan musibah yang beruntun. Mulai dari sawah- ladangnya habis terserang hama, ternaknya mati, rumahnya di bakar setan, sampai dirinya sendiri terkena penyakit gatal yang luar biasa sehingga seluruh tubuhnya di penuhi ulat. Kondisi nabi ayub semakin parah sehingga ia di asingkan oleh kluarganya sendi ke sebuah gunung. Ia menjalani hidup sendiri di sana.
Namun, apakah setiap musibah yang menimpa beliau itu membuatnya menderita? Sama sekali enggggakk…., allah aja menilai nabi ayub sebagai orang yang sabar…….,  sesungguhnya kami dapati ia sebagai orang yang sabar….,
Nabi ayub telah menjadikan sabar sebagai pilihan dan allah- allah lah satu-satunya tempat mengadu baginya….., Ya tuhanku, sesungguhnya aku telah di timpa penyakit dan engkau adalah tuhan yang maha penyayang diantara semua penyayang.
Berat bagi nabi ayub untuk bias memilih sabar, tapi ia terus meyakinkan dirinya bahwa semua penyakit yang menimpanya gak  lain kecuali tanda kasih dan saying allah kepadanya. Nabi ayub gak mengadu kepada siapapun karena dia tau bahwa gak ada satu orangpun yang biasa bahagia kecuali dirinya sendiri.
Aku  pernah bertanya temanku, “ Apa yang akan terjadi  jika setok BBm dunia kita  habis???”
Dia menjawab dengan sangat panjang , “AH…, gak kebayang, deh….,semuanya pasti akan seperti kiamat. Mobil, sepeda motor, atau kompor tidak bias lagi digunakan; produksi barang-barang dan makanan akan mandek. Dan bagi sebagian orang yang mengandalkan hidupnya dari makanan hasil olahan industry atau selalu makan di warung nasi, gax akan sanggup lagi melanjutkan hidup; listrik akan padam selamanya. NNNNaaahh…., kalau listrik sudah padam, apa yang bias di lakukan pemerintah dan lembaga-lembaga besar seperti bank, pos atau perusahaan telekomunikasi?”
Musibah  merupakan segala yang ada di luar diri kita, sedangkan derita adalah respons kita terhadap peristiwa itu. Musibah besar tidak selalu melahirkan derita besar. Sekali lagi, musibah ada di luar diri kita sedangkan derita ada di dalam. Tanganmu tergores sebilah pisau hingga berdarah, kamu menangis. Goresan pisau adalah musibah sedangkan tangisanmu adalah derita. Yang tergores dan yang menggores adalah tanganmu dan sebilah pisau. Keduanya ada di luar. Yang menangis adalah perasaanmu dan emosimu yang ada di dalam.
Kamu dapat nilai jelek saat ujian, kamupun sakit hati mendapatkan nilai jelek saat ujian adalah peristiwa di luar dirimu, disebut musibah. Sakit hati yang kamu rasakan, ada di dalam dirimu, di sebut derita. Nggak semua goresan pisau bias meenyebabkan kamu menangis, begitupun gak semua nilai jelek membuat sakit hati. Menangis dan sakit hati adalah pilihan, dan kamu bisa mengubah pilihanmu menjadi pilihan bahagia.
Walaupun berat, kamu yang tergores pisau bisa saja tertwa ,dan kamu yang dapetin nilai jelek bias tetap bersabar, tertawa saat tergores pisau adalah pilihan, bersabar saat dapet nilai jejek juga pilihan. Tawa dan bersabar adalah pilihan kamu- kamu yang gak ingin menderita. Untuk memilih tawa dan sabar, tentu saja, awalnya batinmu bergumul, tapi jika kamu udah biasa membuat pilihan, kamu akan selalu bisa melakukannya…,
Gak semua orang bisa memberikan respons yang baik terhadap musibahnya. Kamu perlu latihan,
Pada intinya memilih bahagia, berarti memilih untuk tetap bias mengendalikan reaksi atas apapun yang terjadi padamu,.. and…., Orang yang bahagia membuat pilihan-pilihan atas dasar nilai-nilai, sedangkan orang menderita membuat pilihan atas dasar keinginan nalurinya.
Memilih untuk  tetap tersenyum itu sulit…,  Tapi…., kamu  pasti bisa!…,                SO…, apapun musibah yang dating menimpamu, jika kamu ingin bahagia, berjuanglah untuk menjadikan bahagia itu sendiri sebagai pilihan!!…….,  ingat…., berfikir bahwa senang, sukses, dan uang sebagai  sumber kebahagiaan kekeliruan, allah menegaskan kepada kita…, bahwa derita selalu di sertai kemudahan (kebahagiaan) dan begitupun sebaliknya, kesenangan selalu disertai derita…., dan suksespun bukanlah segala-galanya. Sukses hanya salah satu bagian dari banyak hal penting yang ada dalam hidupmu… yang paling penting lagi…., bahagia tidak bias di beli dengan uang…..,  apapun kondisi dan situasimu, bukan masalah.yang menjadi masalah adalah bagaimana respons kamu terhadap kondisi itu.., and…,menurut gue…,   yang menjadi sumber kebahagiaan adalah kesehatan jiwa dan hati kita, baik dengan atau tanpa uang…, selain itu…, bertemanlah dengan seseorang yang proaktif.., agar kamu bias belajar banyak tentang bagaimana cara menghadapi dunia…….
, teman yang bisa membuatmu bahagia adalah dia yang selalu ceria dan gembira sebagaimana Rosulullah kepada para sahabatnya. Orang bijak berkata : teman yang baik adalah teman yang dapat membuat dirimu bangga dan menghargai dirimu sendiri. Teman yang baik nggak hanya bias membuatmu merasa pantas hidup di dunia,tetapi juga bisa  membuatmu tau bahwa dunia memerlukanm. kalo’ kamu pengen jadi temen baik…. Hargai temanmu,baik keadaanya,prinsip-prinsipnya,juga hargai dia saat dia salah. Hanya orang yang berani menghadapi kehidupan yang penuh perbedaanlah yang akan bias hidup bahagia.manusia nggak hanya terdiri dari tubuh,tetapi di dalamnya terdapat hati dan jiwa yang menghiasi kediriannya. dan juga alam, memiliki perinsip-perinsip khusus yang jika kamu sanggup mengenali perinsip-perinsip tersebut,
kamu akan hidup harmonis sejalan dengan iramanya. dan dengan kemarahan yang terkendali, kamu bias menjadikannya sebagai  api semangat untuk memperjuangkan apa yang kamu cita-citakan. Enggak ada yang bebas dari keadaan,yang ada adalah bebas untuk bersikap terhadap keadaan itu.sedangkan orang-orang yang bebas adalah dia yang telah menemukan siapa dirinya, dia yang telahmenentukan teritori diri untuk menciptakan  kebebasan hakikinya, nggak peduli seribu rantai mengikat seluruh tubuhnya..,  masalah  kecanduan bukanlah masalah kesanggupanmu keluar setelah kamu berada di dalamnya, tapi masalah kecanduan adalah masalah kemampuanmu mencegah diri  untuk nggak terlibat sama sekali.tubuhmu pada dasarnya adalah unsur mati yang di gerakkan oleh jiwa dan atau pikiran yang hidup. Menjadi nggak malas adalah menjadi dirimu. Manusia yang baik nggak pernah menghitung dengan cara mundur dan memandang  kea rah belakang. Begitulah waktu, ia dating dan pergi tanpa kompromi dan toleransi…..,  keraguan adalah penyakit yang paling menyiksa,  maka dari itu kamu harus yakin dengan jalanmu, pikirkanlah banyak hal…., tapi fokuskanlah  pada satu hal karena  salah satu dari kunci keberhasilan adalah  kefokusan pada satu hal yang kamu yakin itu khas dirimu…, dan juga bersinambung dengan orang lain adalah suatu ketrampilan tentang bagaimana cara kamu mengetahui, memahami,  dan mengerti dengan apa yang dirasakan orang lain….,
Hati yang kaya adalah hati yang tahu…, bahwa.., kebahagiaan nggak hanya ada saat ada kesenangan dan melimpahnya harta, tetapi juga saat musibah melanda dan saat serba kekurangan materi…,  bertindaklah dengan cara sedemikian rupa sehingga kamu selalu menghormati perikemanusiaan, entah kepada dirimu sendiri atau entah kepada orang lain bukan sekali-kali aja, melainkan selalu dan selamanya….,

MENGASAH  KECERDASAN SPIRITUAL
Eheemmm…….,  kata  “sepiritual” berasal dari kata “spirit” yang berarti ruh atau semangat….,  ada juga yang mengatakan cara orang mendengarkan bisikan dari ruh atau jiwanya yang terdalam.sedangkan kecerdasan spiritual adalah kemampuan kamu memikirkan, memahami, dan mengerti segala hal dalam hidupmu berdasarkan jiwa atau ruh terdalammu,,,.(para syufi menyebut jiwa terdalam atau ruh ini dengan berbagai istilah, diantaranya qalbun, sirrun,fuad atau luthf. Semua istilah ini di yakini sebagai bagian diri yang paling dekat dengan, atau merupakan sarana menuju ALLAH..,)
Menurut maz Danah Z ohar atau pakde Viktor frankl,…,Orang  bodoh secara spiritual menunjukkan gejala merasa asing dengan dunianya.., ini  9 catatan dari sebelas ciri orang yang bodoh secara   sepiritual. Ciri-ciri tersebut adalah arogan, sinisme, serakah, nggak sabar, narsisisme, skeptisisme, ketidakberdayaan, egosentrisme, dan berlebih-lebihan…,
whizz…,, aku beri penjelasan dikit, mau lebih jelasnya renungin  and loe pikir dengan otak loe….., itung-itung nyukurin nikmat Allah…., and yang lebih penting.., gue…, capek dab…., jentike enyonge kriting kie…  hahaha. …, ra lucu…   ehemm….,
namber whan……,
Arogan :  aku mendefinisikan arogan  sebagai sifat malu berbuat atau berada dalam kondisi baik……, malu kelihatan baik di depan umum pokoke, kayak semacam…., emmm…, seperti itulahh…..,
Sinisme : adalah cara orang memandang dunia dengan kacamata negative. Mungkin bagi orang sinis didunia ini terasa seperti tempat pembuangan brandalan, penjahat,germo,dan semua jenis manusia pendosa yang menakutkan dan menjijikkan…,  dan mungkin juga’ ditangan orang-orang sinis di jadikan alat untuk menyalahkan dan mengkafirkan orang lain……., nnna’uzubillahimindzalik……,
Serakah : bagi orang serakah hidup adalah kompetisi tanpa akhir. Setiap orang adalah lawan yang harus di kalahkan..,  bekerja  sama baginya  hanya akan membuat kalah. And kata hati orang serakah adalah “saya ingin lebih”, lebih dan lebih..,
Nggak sabar :  nnnah jika orang serakahn beranggapan bahwa hidup adalah kompetisi tanpa akhir untuk memenuhi hasrat, orang yang gak sabar menghadapi penyakit “saya harus senang sekarang juga tanpa harus susah payah!”                                                                                                                                                                                                                Kata “segera” adalah kunci utama memasuki wilayah kewajiban  orang yang gak sabar. “Aku ingin segera memperoleh pekerjaan tetap. Kalo tidak…”, atau “ Aku harus segera lulus jika ingin…..”, atau  “jika saya nggak segera menjadi ini atau itu, maka…”,
Narsisisme : definisi mudah untuk narsisisme adalah “cuek abis”. Sama sakali dengan masalah orang lain Dalam benak orang narsis,terngiang kata “ELO ya ELO.GUE ya GUE” gue enggak mau ngurusin masalah elu sampe’ kapanpun. Titik……., emang gax ikut campur urusan orang lain baik…, tapi ketika orang lain sedang ada masalah…, and lo berperinsip gitu…., zo istilah jawanya…, ( urip dewe mati gotong semut)….,
Skeptisisme : kata skeptic berarti ragu. Ragu dalam segala hal yang belum  ada ukuranya pastinya secara ilmiah. Mereka bodoh secara sepiritual. Mereka beranggapan bahwa segala sesuatunya harus bisa di buktiin secara metematis atau empiris.
Ketidakberdayaan :   orang yang bodoh secara spiritual akan menganggap kenaikan harga BBM,kenaikan tariff daftar listrik,tariff telepon,harga gas, atau maraknya berita pembunuhan merupakan kiamat. Bukan hanya tanda, mereka sudah menganggap hari ini sedang terjadi kiamat.
Egosentrisme : ketidak mampuan  seseorang untuk merasakan cinta, belas kasih dan empati…,  bagi penderitanya sepertinya keegoisan adalah sesuatu hal yang hebat dan berharga.
Berlebihan :  mereka seperti snak kecil yang selalu hidup di Disneyland. Mereka beranggapan bahwa lebih banyak adalah lebih baik,padahal enggak…..,
Kita telah membicarakan Sembilan dari ciri orang yang bodoh secara spiritual.lalu,gimana dengan orang yang cerdas secara spiritual?
Inilah daftar ciri orang yang cerdas secara sepiritual?
Memiliki visi dan misi hidup
Kamu yang cerdas secara spiritual akan menunjukkan sebuah pribadi yang penuh dengan gairah, martabat, kearifan, serta cinta dan kasih saying tanpa pamrih kepada sesama.
Memiliki rasa malu yang positif
Selain memiliki visi dan misi, yang cerdas secara spiritual akan selalu bersikap rendah hati. Rendah hati erat terkait dengan kesadaran akan diri, yang pada akhirnya menimbulkan rasa malu yang positif.
Senantiasa berjuang
Perjuangan adalah inti kehidupan, tapi perjuangan yang di maksud bukan perjuangan untuk memenuhi hasrat semata, seperti orang serakah. Perjuangan untuk mengexspresikan diri dan menjalankan  tugas dari allah  merupakan salah satu bentuk sepiritualitas.
Tidak putus asa
Bagi kamu yang cerdas secara sepiritual, berbagai macam permasalahan hadir untuk di hadapi secara arif, bijak, penuh ketenangan, dan yakin bahwa semua itu merupakan ujian yang harus di lalui dengan ketulusan. nggak ada kata putus asa, sekalipun banyak orang menganggap kalo’ dunia dengan segala permasalahannya yang begitu komplex’z akan kiamat.
Peduli terhadap orang lain
Agar kamu nggak egois plus narsisis, mula-mula kamu harus menyadari sebagai manusia. Tanpa kebaradaan orang lain, kamu gak bisa hidup.
Serbasederhana
Orang akan menjadi bodoh secara sepiritual jika hidup serba berlebih-lebihan dan nggak berusaha membuat segala sesuatunya menjadi sederhana. Jika kamu menyimpan semua hal serba berlebihan, sama halnya hanya benyimpan bom waktu yang suatu saat akan meledakkan diri kamu sendiri.

Deretan kegiatan di bawah ini bisa kamu lakukan , dimanapun dan dalam kondisi apapun untuk memperbaharui jiwa atau melatih membuatmu cerdas secara sepiritual ;
Ibadah- lakukanlah ibadah yang wajib dan sunahnya, seperti tahajud,dhuha,baca al_qur’an dsb…..,
Berdo’a-perbanyaklah berdo’a, baik itu di tengah-tengah kemacetan maupun di tengah-tengah antrean yang menjengkelkan;
Tafakur-bisa di lakukan di atas bukit, di atap rumah, di tepi kolam kecilmu, atau…. Terserah kamu aja deh!;
Meditasi- ini adalah metode menenangkan fikiran, membiarkan fikiran mengidentifikasi masalah serta menemukan solusinya. Di perlukan guru atau pembimbing untuk melakukanya secara baik dan benar;
Membaca dan menuliskan kalimat-kalimat inspiratif- bisa kamu ambil dari hikmah para syufi, guru zen, filosofi cina,atau apapun yang dapat mendorong jiwamu menjadi lebih hidup dan bersemangat supaya bisa kamu baca setiap kamu membutuhkannya , cobalah tempelkan di dinding atau simpan di dompetmu;
Mendengarkan music- nasyid, kitaro,jazz,Beethoven, Mozart, bond, bahkan slank atau gigi juga bisa…, dan masih banyak lagi jenis music yang bisa memperkaya jiwamu…,
Bermain music dan mencipta lagu – dengan gitar, piano atau biola. Kamu bisa bermain music dan mencipta lagu-mu sendiri, dan itu dapat membuat jiwamu bangkit dan semangat…..,
Berjalan-jalan- bisa bersepeda, hiking, atau berombongan pakai mobil ke puncak.., dan masih buuanyak lagi……,

Huuuufttttt…….., wiz.., pokoke…., silahkan pilih .., mana karakter yang menggambarkan diri loe….., sekian dari saya…, jika ada kekurangan berasal dari saya sendiri, dan jika ada lebihnya itu semata-mata dari allah ta’ala….., tetap semangat tux menjalani hidup…., yakini dirimu sendiri  bahwa dirimu best of the best……,

Jadilah diri sendiri

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 16, 2013 in Corat-Coret

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: